Pages

Subscribe:

Kamis, 31 Mei 2012

Jenis-Jenis Bahaya Keselamatan Kerja

Kita sering sekali mendengar bahkan menyebut kata-kata seperti "Awas Bahaya", "Jangan Lakukan itu, berbahaya", dan masih banyak  Tapi Apakah sobat Mengetahui Apa itu Bahaya?


Pengertian Bahaya
Bahaya adalah suatu sumber baik itu perilaku atau kondiisi/keadaan yang dapat merugikan kita baik berupa cidera, kerusakan dan kerugian yang kita alami.
Contohnya seperti ini. Si Budi mau pergi ke pasar mengendarai motor yang bannya lagi rusak. Nah disini ban rusak adalah bahaya. Jika Budi tetap mengendarai motor tersebut, Budi bisa mengalami kecelakaan. Jelaskan sudah apa bahaya itu.

Jenis-Jenis Bahaya Keselamatan Kerja
Ada banyak bahaya jika dilihat darienisnya. Jenis-Jenis Bahaya Keselamatan Kerja dibagi menjadi 3 jenis , yaitu :

1. Terlihat
Bahaya terlihat adalah bahaya yang dapat langsung dilihat. Contohnya, ketika Anda sedang berjalan dan melihat ada paku di jalan, anda langsung dapat mengidentifikasi bahaya tersebut.
2. Tidak Terlihat
Bahaya tidak terlihat adalah bahaya yang tidak dapat langsung terlihat dan memerlukan usaha lebih lanjut untuk dapat mengidentifikasi bahaya tersebut. Contoh bahaya tidak terlihat yaitu rem blong, kita harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memeriksanya dengan melakukan inspeksi mendetil sehingga bahaya tersebut dapat diidentifikasi.
3. Berkembang
Bahaya berkembang adalah bahaya tidak terlihat yang tidak dilakukan tindakan dan seiring waktu bahaya tersebut berkembang. Contohnya korosi. Tetesan atau rembesan air yang membahasahi suatu metal atau logam secara terus menerus tanpa ada pembersihan atau pengeringa sehingga mengakibatkan metal atau logam tersebut menjadi korosi.
Dengan mengetahui jenis-jenis bahaya ini anda sudah mampu membedakan jenis-jenis bahaya keselamatan kerja dan jika anda mengidentifikasi jenis-jenis bahaya keselamatan ini, segera lakukan tidakan untuk mengeliminasi bahaya tersebut sehingga Anda atau rekan kerja ada tidak mengalami kecelakaan akibat bahaya yang tidak ditindak lanjuti.

0 komentar:

Posting Komentar